Minggu, 02 Oktober 2011

Ubah Format DWG ke JPG atau PDF

Ada kalanya kita memerlukan format file JPG ataupun PDF untuk melihat hasil gambar dari AutoCad, karena tidak semua memiliki software ini. Ada beberapa cara mengubah format DWG ke JPG atau PDF.
1. Eksport
Langkah-langkahnya File – eksport (ubah extentionnya ke BMP) select object, finish.
Dari BMP bisa dirubah ke JPG dengan photoshop.
2. Render to file
Ketik "render" pada command line, lalu muncul dialog render. Pilih file pada destination lalu tentukan extention dan ukuran file. Klik mrender, masukkan nama file, lalu klik save. Untuk merubah ke format JPG gunakan photoshop.
3. Plot
Masuk ke control panel dulu, aktifkan plotter baru. Pilih raster file formats sebagai model plotter, dan pilih extention yang diinginkan. Kemudian buka file yang akan dirubah. Plot file tersebut dengan plotter yang baru di setup. Hasilnya akan sama persis seperti hasil cetakkan.
4. Image capture
Gunakan software lain seperti snag-it atau dengan print screen pada tombol keyboard. Ini akan lebih memudahkan dan cepat.
5. Format PDF
Plot file yang akan di rubah extention-nya, pada kotak kedua box plotter ganti dengan “DWG to PDF” (sudah mengaktifkan plotter baru seperti langkah no 3). Lalu setting sesuai kebutuhan, hasilnya akan sama persis seperti dicetak namun dalam format PDF.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar